September 19, 2024

Padang (Pelitasumbar.com) – Bupati kabupaten padang pariaman Suhatri Bur Buka peningkatan kapasitas bamus nagari se kabupaten padang pariaman yang bertempat di hotel rocky padang.

kegiatan 103 bamus nagari ini dilaksanakan selama dua hari yaitu hari sabtu dan minggu,14-15 september 2024 yang betempat di Rocky hotel padang sumatera barat.

dalam rangkaian acara sebagai narasumber yaitu, bupati padang pariaman suhatribur, kepala dinas DPMD padang pariaman serta jajaran dan sekda padang pariaman.

dalam sambutannya bupati suhatri bur sampaikan,”dalam menjalankan tugas bamus haruslah memahami peraturan yang ada dan berlaku, yaitu bamus memiliki peran, menerima aspirasi dari masyarakat dalam nagari, bersepakat dengan walinagari dalam membauta perna nagari dan mengawasi kinerja walianagari. sedangkan mengenai apapun laporan walinagari kepada bupati, haruslah berdasarkan hasil sidang musyawarah bamus dengan walinagari.

tujuan utama diadakannya peningkatan kapasitas bamus ini adalah agar bamus lebih memahami dan tegas dalam menjalankan tugas sebagai pengawas di nagari, yang memiliki wibawa ditengah masyarakat, dan bupati juga ingatkan kepada seluruh bamus nagari jangan ada bamus yang menerima dua dana insentif dari anggaran yang sama, kalau tidak mau mengembalikan nantinya.

karena sekarang kondisi terkini kita dalam suasana politik, juga sudah dijelaskan dalam peraturan, jangan ada wali nagari juga bamus yang melakukan politik praktis ( terjun langsung atau mengenakan atribut politik-red) tekan bupati.

disuasana pelatihan bupati juga menyentil masalah kasus Nia yang masih hangat diperbincangkan ditengah masyarakat padang pariaman,”dalam kasus Nia ini muaranya adalah kepada bupati, dalam menyikapi masalah kasus Nia ini perlunya kerjasa yang baik antara walinagari, Bamus baru sampai kepada bupati, dengan kejadian ini sangat pentingnya ada perna nagari sebagai pengikat atau acuan ditengah masyarakat, apalagi kenakalan remaja itu sangat dipicu melalui HP.

secara globalnya bupati sangat menghimbau dan merangkul seluruh lapisan pemuka dan masyarakat agar bekerjasama dalam memberantas penyakit masyarakat, sehingga kondisi dilingkan kita masing masing aman dan nyaman, jelas bupati.#.

Pewarta : Basaruddin,

Editor : Khaiko.